Pesona Alam Taman Nasional Bantimurung dari Karst Hingga Kerajaan Kupu-Kupu

4 November 2019
Pesona Alam Taman Nasional Bantimurung dari Karst Hingga Kerajaan Kupu-Kupu

Saat menyebut piknik ke Sulawesi Selatan, Pantai Losari hampir selalu menjadi tempat yang harus dikunjugi. Namun, jangan puas hanya dengan berjalan-jalan di pantai yang ada di tengah kota itu. Anda harus coba lebih dalam menjelajah alam Bumi Anging Mammiri. Tak jauh dari Kota Makassar, ada Kabupaten Maros yang terkenal dengan objek wisata Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Taman Nasional Bantimurung ini menyuguhkan keindahan air terjun, tebing karst, goa-goa stalaktit dan stalakmit hingga megahnya kerajaan kupu-kupu. Seperti apa keindahannya? Jangan beranjak, kami akan membawa Anda menjelajah pesona alam di Taman Nasional Bantimurung.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memiliki lebih dari 80 gua alam dan gua pra sejarah yang tersebar diseluruh kawasan taman nasional. Daya pikat utama dari taman nasional ini adalah kupu-kupu. Ya, Bantimurung memang identik dengan wisata untuk melihat ribuan bahkan lebih kupu-kupu terbang di habitatnya. Bukan baru-baru ini kupu-kupu itu dikembangbiakkan, melainkan sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Alfred Russel Wallace pada tahun 1856-1857 yang mendapati terdapat 250 spesies kupu-kupu hidup di taman nasional ini. Demikian banyaknya kupu-kupu yang hidup di tempat tersebut, Wallace pun lantas menyebut Bantimurung sebagai The Kingdom of Butterfly. Data terbaru yang  dihimpun menunjukan bahwa saat ini terdapat sekitar 20 spesies dari ratusan spesies tersebut yang dilindungi. Beberapa diantara spesies tersebut bahkan endemik yang hanya ada di Sulawesi Selatan.

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung terletak sekitar 40 km saja dari Kota Makassar. Untuk menuju tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat. Waktu tempuh menuju taman nasional yang dipenuhi dengan beragam tumbuhan hijau itu sekitar 1 jam perjalanan.

Kawasan Wisata Bantimurung adalah destinasi utama di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang wajib Anda kunjungi. Di kawasan ini terdapat air terjun yang mengucur unik dari tebing-tebing karst. Ada pula pemandian yang bisa Anda gunakan bermain air atau berendam sembari menikmati sejuknya udara dan megahnya pegunungan karst.

Satu hal yang tak boleh dilewatkan, tentu saja melihat penangkaran kupu-kupu—termasuk juga museum kupu-kupu. Di penangkaran kupu-kupu, Anda akan melihat ribuan bahkan lebih kupu-kupu yang berasal dari puluhan spesies terbang bebas, meliuk cantik.

Apabila ingin wisata yang lebih menantang dan bahkan memacu adrenalin, Anda juga bisa mengunjungi beberapa spot menarik, seperti gua-gua karst hingga kawasan wisata pra sejarang Leang-leang yang menawarkan pesona goa karst bekas tinggal manusia purba dulu kala. Di dalamnya terdapat lukisan telapak tangan manusia dan babi rusa.

Melihat rindang pepohonan berpadu dengan bentukan alam karst yang unik serta kupu-kupu nan lucu, memberikan perasaan lega sekaligus pikiran yang fresh. Kunjungan yang sebentar akan memberikan pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Tak percaya? datang dan buktikan sekarang juga. Selamat berwisata.


Topic : Wisata Alam
Tags : , , , , , , , ,